TNI punya banyak pasukan elite dengan kemampuan yang tak bisa diremehkan dunia. Dari TNI Angkatan Udara, ada Korp Pasukan Khas atau Korpaskhas TNI AU
Masih ingat latihan tentara merayap sambil ditembaki peluru yang bikin takut media asing? Itulah latihan Paskhas TNI AU.
Pasukan ini berkualifikasi Para Komando sama dengan Kopassus TNI AD. Mereka mampu bertempur di tiga matra, darat, laut dan udara.
Semboyannya "Kerjakan tugasmu dengan baik tanpa menghitung untung ruginya!"
Sebagai pasukan di bawah TNI AU, tentu ada kemampuan khusus yang menjadi andalan pasukan baret jingga ini. Inilah yang membedakan Korpaskhas dengan pasukan elite lainnya.
1. PLLU atau Pengaturan Lalu Lintas Udara
Masih ingat latihan tentara merayap sambil ditembaki peluru yang bikin takut media asing? Itulah latihan Paskhas TNI AU.
Pasukan ini berkualifikasi Para Komando sama dengan Kopassus TNI AD. Mereka mampu bertempur di tiga matra, darat, laut dan udara.
Semboyannya "Kerjakan tugasmu dengan baik tanpa menghitung untung ruginya!"
Sebagai pasukan di bawah TNI AU, tentu ada kemampuan khusus yang menjadi andalan pasukan baret jingga ini. Inilah yang membedakan Korpaskhas dengan pasukan elite lainnya.
1. PLLU atau Pengaturan Lalu Lintas Udara
Paskhas dalam Latihan Garuda Perkasa 2016.
Dalam sebuah pertempuran, merebut Pangkalan Udara musuh menjadi tugas Korpaskhas. Mereka diterjunkan dari udara dan langsung merebut sasaran dengan cepat.
Namun yang lebih sulit lagi, setelah pangkalan udara direbut, maka pangkalan itu harus difungsikan kembali untuk mendukung serangan lanjutan. Ini juga tugas para personel Paskhas dengan kemampuan PLLU yang mereka miliki.
Personel Paskhas juga memiliki kualifikasi ilmu meteorologi. Hal ini sangat diperlukan saat mereka mengendalikan penerbangan.
Bandara Dili jadi saksi bagaimana Pakhas dulu menggelar Operasi Perebutan dan Pengendalian Pangkalan Udara atau OP3U. Mereka diterjunkan merebut Bandara Komoro lalu dengan cepat kembali memfungsikan bandara tersebut untuk pangkalan udara depan bagi TNI. Dalam waktu singkat di tengah pertempuran yang masih panas, pesawat TNI sudah dapat mendarat di Bandara Dili.
2. Dalpur atau Pengendalian Tempur
Namun yang lebih sulit lagi, setelah pangkalan udara direbut, maka pangkalan itu harus difungsikan kembali untuk mendukung serangan lanjutan. Ini juga tugas para personel Paskhas dengan kemampuan PLLU yang mereka miliki.
Personel Paskhas juga memiliki kualifikasi ilmu meteorologi. Hal ini sangat diperlukan saat mereka mengendalikan penerbangan.
Bandara Dili jadi saksi bagaimana Pakhas dulu menggelar Operasi Perebutan dan Pengendalian Pangkalan Udara atau OP3U. Mereka diterjunkan merebut Bandara Komoro lalu dengan cepat kembali memfungsikan bandara tersebut untuk pangkalan udara depan bagi TNI. Dalam waktu singkat di tengah pertempuran yang masih panas, pesawat TNI sudah dapat mendarat di Bandara Dili.
2. Dalpur atau Pengendalian Tempur
Latihan Puncak Korpaskhas.
Pernah nonton Film Holywood soal pasukan elite yang terjun dari pesawat dan menyusup ke wilayah musuh tanpa ketahuan? Kira-kira seperti itulah tugas Tim Dalpur atau Pengendalian Tempur.
Tim Dalpur adikenal sebagai tim elite Paskhas. Mereka diterjunkan sebagai pasukan pendahulu sebelum serangan. Menyusup ke wilayah musuh dan mengumpulkan data intelijen.
Satu tim kecil biasanya diterjunkan secara rahasia dengan teknik High Altitude Low Opening (HALO) atau High Altitude High Opening (HAHO).
Mereka bertugas menentukan target untuk serangan pesawat tempur TNI AU. Lalu menentukan droping zone bagi ratusan pasukan yang akan melakukan serangan utama. Tim kecil ini mengemban tanggung jawab sangat penting bagi kelangsungan operasi tempur.
3. SAR tempur
Tim Dalpur adikenal sebagai tim elite Paskhas. Mereka diterjunkan sebagai pasukan pendahulu sebelum serangan. Menyusup ke wilayah musuh dan mengumpulkan data intelijen.
Satu tim kecil biasanya diterjunkan secara rahasia dengan teknik High Altitude Low Opening (HALO) atau High Altitude High Opening (HAHO).
Mereka bertugas menentukan target untuk serangan pesawat tempur TNI AU. Lalu menentukan droping zone bagi ratusan pasukan yang akan melakukan serangan utama. Tim kecil ini mengemban tanggung jawab sangat penting bagi kelangsungan operasi tempur.
3. SAR tempur
Aksi PASKHAS Padamkan Asap Riau.
Korpaskhas TNI AU juga memiliki kemampuan SAR tempur. Tugas ini erat kaitannya dengan matra udara. Dalam sebuah pertempuran, sangat besar pesawat tertembak dan pilot jatuh di wilayah musuh.
Masuk ke wilayah lawan saja sudah sulit. Apalagi ditambah dengan misi menyelamatkan pilot dan membawanya dengan selamat di tengah pertempuran. Itulah tugas yang harus dilaksanakan Tim SAR tempur.
Tak cuma di gunung hutan, para personel SAR juga dituntut memiliki kemampuan melakukan operasi di laut.
4. Antiteror
Masuk ke wilayah lawan saja sudah sulit. Apalagi ditambah dengan misi menyelamatkan pilot dan membawanya dengan selamat di tengah pertempuran. Itulah tugas yang harus dilaksanakan Tim SAR tempur.
Tak cuma di gunung hutan, para personel SAR juga dituntut memiliki kemampuan melakukan operasi di laut.
4. Antiteror
Den Bravo TNI AU.
Kecenderungan pertempuran mulai bergeser dari areal hutan ke perkotaan. Konflik antarnegara berganti menjadi perang melawan terorisme.
Korpaskhas TNI AU memiliki Satuan Bravo 90 untuk menangani masalah antiteror. Utamanya soal pembajakan aspek udara. Para personelnya dipilih dari yang terbaik. Mereka dididik untuk jadi ahli dalam membebaskan sandera dan perang lawan teror.
Secara persenjataan dan fasilitas pendukung, kini Sat Bravo tak kalah dengan Gultor Kopassus atau Denjaka TNI AL.
Sumber: Merdeka
Korpaskhas TNI AU memiliki Satuan Bravo 90 untuk menangani masalah antiteror. Utamanya soal pembajakan aspek udara. Para personelnya dipilih dari yang terbaik. Mereka dididik untuk jadi ahli dalam membebaskan sandera dan perang lawan teror.
Secara persenjataan dan fasilitas pendukung, kini Sat Bravo tak kalah dengan Gultor Kopassus atau Denjaka TNI AL.
Sumber: Merdeka
5 Consequences of Driving without Car Insurance
Do you own a car? Great! Does your car also have a valid motor insurance cover on it?
Owning a car, while earlier classified as being a luxury, has now moved down to being a comfort. In fact, in metros, a car has almost become a necessity due to long-distance commutes. More and more of us are, therefore, buying a car. But are we also buying the mandatory car insurance policy?
Every car which is to ply on Indian roads should have a valid car insurance cover, states the Motor Vehicles Act, 1988. When you buy a new car, the choice of buying an insurance policy is, thankfully, taken out of your hands. The on-road price of the car is inclusive of the insurance premium for your car insurance policy. The problems arise when the policy expires after a year. Car insurance plans are usually issued for one year after which they should be renewed. If you do not renew it, you are driving a car without car insurance. If numbers are any indication, a study by New India Assurance revealed that about 70% of vehicles on Indian roads are without insurance. Is your car one among them?
If yes, beware. Here are 5 consequences if you drive your car without having a valid Car Insurance policy:
Be prepared to pay heavy fines
Earlier, the Motor Vehicles Act, 1988 governed the road safety and traffic rules. Recently, the Government passed the Road Transport and Safety Bill 2014 to replace the Motor Vehicles Act, 1988. Among other changes, the Bill penalizes you heavily if you are caught driving without having a valid insurance cover. As per the amendments, you would have to part with a whopping Rs.25, 000 for a light motor vehicles or Rs.75, 000 for other motor vehicles as a fine for driving without insurance. A huge fine, isn’t it?
Pay losses for damages caused to third party or property
In an accident, if you unintentionally harm any person or surrounding property, you are liable to pay the loss incurred. This is called third party liability. Your car insurance mandatorily covers this third party liability and spares you the loss incurred. In the absence of a valid insurance cover, you would have to bear the losses incurred. If the person dies, your liability would be very high.
Read more Is third party car worth buying?
Pay losses for own damage
While you have to compulsorily pay losses caused to a third party, what about your losses. In an accident even your vehicle suffers damage. The costs of repairs for such damage are borne by your comprehensive car insurance policy. Without insurance, the onus of paying for the repairs is on you. With the high cost associated with the repairs of your car, a financial strain is inevitable.
Read more about All you need to know about car insurance
Face legal complications
Besides the financial loss suffered in an accident which causes damage to a third party and/or self, you would also be entangled in legal complications if your car is found without a valid insurance cover. You would be penalized, get a challan and might even be imprisoned.
Loss of No Claim Bonus
If your car insurance expires and you do not renew it, besides the penalties and fines, you also lose the No Claim Bonus which you accumulated in your existing policy. Car insurance plans allow a discount in subsequent year’s premiums if there is no claim in any current year. This discount increases every year and saves your premium outgo. If you let your car insurance policy lapse, you lose the accumulated NCB and end up paying a higher premium when the policy is consequently renewed.
A car insurance policy is legally mandatory and not having one results in serious consequences (as mentioned above). While a third party liability cover is mandatory, a comprehensive policy is better. The former pays only for the damages caused to any third party but the latter also covers damages incurred by you and your car. The premium for a comprehensive policy is slightly higher because of higher coverage. For instance, the premium payable for a Maruti Ritz car registered in 2012 having a capacity of 1197cc would have a third party premium of Rs.2237 and a comprehensive premium of Rs.4200 (approximately). With a slight increase in the premium you can avail a higher coverage option which covers for your damages too. Since car repairs are expensive, a comprehensive policy makes more sense even if the premiums are a little high. So do not fall a victim to these consequences and buy an insurance policy for your car today.
0 Response to "Inilah 4 Kemampuan Hebat Korpaskhas, Pasukan Komando Andalan TNI AU"
Posting Komentar