Inilah Deretan Sejarah Pesawat TNI AU Yang Perkuat Indonesia, Yang Tidak Diketaui Banyak Orang

Sejak berdiri pada 9 April 1946, TNI AU telah mengoperasionalka beragam jenis pesawat dari berbagai negara dengan madzhab yang berbeda-beda.

Inilah Deretan Sejarah Pesawat TNI AU Yang Perkuat Indonesia, Yang Tidak Diketaui Banyak Orang
Inilah Deretan Sejarah Pesawat TNI AU Yang Perkuat Indonesia, Yang Tidak Diketaui Banyak Orang
Pada awal kemerdekaan Indonesia, TNI AU mewarisi pesawat tempur buatan Jepang seperti, Churen, Ki-27 Nate (Nishikoreng), K-51 Guntei dan Nakajima Ki-43-II.

Diantara yang populer adalah Yokosuka K5Y ‘Willow’ atau yang dikenal dengan pesawat Churen. Ini adalah pesawat latih tempur yang menelurkan banyak pilot pilot handal di awal pembentukan TNI AU.

Pesawat ini adalah rampasan dari Kaigun, Angkatan Laut Kekaisaran Jepang, pada perang dunia II. Churen memiliki sayap ganda (biplane) dengan kursi ganda dengan mesin tunggal Hitachi Amakaze 11, 9-silinder berpendingin udara (224 KW/300DK).

Pada 27 Oktober 1945, Churen diresmikan sebagai pesawat pertama TNI AU.  Pesawat tersebut dilabur cat warna merah dan putih sebagai identitas dan lambang Republik Indonesia di udara. Penerbang pertama Churen adalah Komodor Udara Agustunis Adisudjipto.

Pada 29 Juli 1947, Tentara Keamanan Rakyat Jawatan Penerbangan (sekarang TNI AU) melakukan operasi udara untuk pertama kalinya sebagai balasan atas terjadinya peristiwa agresi militer Belanda I dan menorehkan kesuksesan sempurna.

Kala itu, para penerbang TNI AU menggunakan pesawat-pesawat Churen, Guntei dan Hayabusha dari Lapangan Terbang Maguwo, Jogjakarta, untuk melakukan misi pemboman strategis terhadap pasukan Belanda yang berlokasi di Ambarawa, Salatiga dan Semarang.

Memasuki dekade 1950an, pesawat-pesawat peninggalan jepang itu akhirnya mengalami pergantian setelah dilakukannya pengembangan dan konsolidasi oleh TNI AU. Di era ini, pesawat-pesawat yang lebih modern dari berbagai jenis datang untuk memperkuat TNI AU. 

Di antaranya, pesawat buru sergap P-51 Mustang, pesawat pembom B-25 Mitchell dan Douglas B-26 Invader, pesawat latih dasar Vultee BT-13 Valiant dan L-4J Piper Cub, serta pesawat latih lanjut AT-16 Harvard.

Pada masa itu esawat-pesawat lain yang hadir adalah pesawat angkut ringan Cessna 180, Auster Mark-II dan AT-6G Harvard, serta Cessna L-19 (O-1 Bird Dog). Ada pula, amfibi PBY-5A Catalina dan UF-1 Albatross dan untuk generasi pesawat jet hadir pula DH-115 Vampire, MiG 15, MiG 17 dan pesawat pembom Ilyushin Il-28.

Selain pesawat, dari jenis helikopter terdapat Hiller-360 Utility yang menjadi helikopter kepresidenan perdana sang proklamator, Bell 47G-3B-1 Soloy yang menjadi generasi awal helikopter TNI AU, Bell 47G2, Mil Mi-4 dan SM-1. Sedangkan dari jenis pesawat angkut hadir pesawat sedang Ilyushin Il-14 Avia dan angkut ringan C-47 Dakota.

Pada 1960-an, TNI AU menjadi entitas yang cukup disegani di kawasan Asia Tenggara dengan hadirnya berbagai pesawat yang lebih modern, baik buatan Blok Timur maupun Blok Barat. Dari Blok Timur yakni pesawat jet MiG-19 dan MiG-21, pesawat angkut berat Antonov An-12 Cub, pesawat pembom strategis Tupolev Tu-16 Badger; serta helikopter Mil Mi-4, Mil Mi-6 dan L-29 Delfin.

Dari Blok Barat TNI AU diperkuat dengan hadirnya pesawat latih Beechcraft T-34 Mentor, pesawat angkut berat C-130 Hercules, pesawat angkut ringan VIP/VVIP C-140 Jetstar yang pernah digunakan Bung Karno sebegai pesawat kepresidenan. Sedangkan untuk jenis helikopter terdapat Bell 47J Ranger, Bell 204B Iroquis dan S-58T Sikorsky.

10 tahun kemudian, tepatnya 1970an, TNI kembali diperkuat dengan pesawat-pesawat yang cukup disegani di dunia. Di antaranya pesawat OV-10 Bronco buatan North American Rockwell yang pernah menjadi tulang punggung TNI AU, pesawat tempur F-86 Avon Sabre, pesawat Angkut Fokker F27, serta pesawat latih Lockheed T-33 Bird, AT-16 Harvard dan Beechcraft T-34 Mentor. Di era ini juga, TNI AU kedatangan helikopter Puma SA-330, helikopter latih Bell 47-G Sioux dan Bell 204B Iroquis.

Saat memasuki 1980an, TNI AU kembali mengakuisis pesawat-pesawat yang semakin modern. Sebut saja jet tempur kawakan F-5 Tiger II, yang kini tengah menanti penggantinya. Ada juga jet tempur legendaris McDonnell Douglas A-4 Skyhawak, pesawat jet tempur latih BE Systems Hawk MK-53, pesawat Boeing 737-200 Surveillance dan pesawat angkut ringan Cassa 212-200 Aviocar.

Pada akhir dekade ini, pesawat jet tempur multiperan F-16 Fighting Falcon yang menjadi salah satu kekuatan andalan TNI AU hingga saat ini. Di samping itu, untuk membentuk penerbang-penerbang muda yang andal, TNI AU mengakuisisi pesawat latih mula AS-220 Bravo.

Di era 1990an, pesawat CN-235 dan helikopter NAS-332 Super Puma hadir memperkuat TNI AU. Memasuki 2000an, hadir helikopter latih EC-120 Colibri besutan Airbus Helicopters pada tahun 2001 yang juga menjadi helikopter andalan Dynamic Pegasus, untuk memperganas TNI AU.

Dua tahun berselang, pesawat latih dasar KT-1B Woong Bee buatan Korean Aerospace Industries (KAI) pada tahun 2003 yang kini menjadi pesawat andalan Jupiter Aerobatic Team (JAT), juga hadir.
5 Consequences of Driving without Car Insurance Do you own a car? Great! Does your car also have a valid motor insurance cover on it? Owning a car, while earlier classified as being a luxury, has now moved down to being a comfort. In fact, in metros, a car has almost become a necessity due to long-distance commutes. More and more of us are, therefore, buying a car. But are we also buying the mandatory car insurance policy? Every car which is to ply on Indian roads should have a valid car insurance cover, states the Motor Vehicles Act, 1988. When you buy a new car, the choice of buying an insurance policy is, thankfully, taken out of your hands. The on-road price of the car is inclusive of the insurance premium for your car insurance policy. The problems arise when the policy expires after a year. Car insurance plans are usually issued for one year after which they should be renewed. If you do not renew it, you are driving a car without car insurance. If numbers are any indication, a study by New India Assurance revealed that about 70% of vehicles on Indian roads are without insurance. Is your car one among them? If yes, beware. Here are 5 consequences if you drive your car without having a valid Car Insurance policy: Be prepared to pay heavy fines Earlier, the Motor Vehicles Act, 1988 governed the road safety and traffic rules. Recently, the Government passed the Road Transport and Safety Bill 2014 to replace the Motor Vehicles Act, 1988. Among other changes, the Bill penalizes you heavily if you are caught driving without having a valid insurance cover. As per the amendments, you would have to part with a whopping Rs.25, 000 for a light motor vehicles or Rs.75, 000 for other motor vehicles as a fine for driving without insurance. A huge fine, isn’t it? Pay losses for damages caused to third party or property In an accident, if you unintentionally harm any person or surrounding property, you are liable to pay the loss incurred. This is called third party liability. Your car insurance mandatorily covers this third party liability and spares you the loss incurred. In the absence of a valid insurance cover, you would have to bear the losses incurred. If the person dies, your liability would be very high. Read more Is third party car worth buying? Pay losses for own damage While you have to compulsorily pay losses caused to a third party, what about your losses. In an accident even your vehicle suffers damage. The costs of repairs for such damage are borne by your comprehensive car insurance policy. Without insurance, the onus of paying for the repairs is on you. With the high cost associated with the repairs of your car, a financial strain is inevitable. Read more about All you need to know about car insurance Face legal complications Besides the financial loss suffered in an accident which causes damage to a third party and/or self, you would also be entangled in legal complications if your car is found without a valid insurance cover. You would be penalized, get a challan and might even be imprisoned. Loss of No Claim Bonus If your car insurance expires and you do not renew it, besides the penalties and fines, you also lose the No Claim Bonus which you accumulated in your existing policy. Car insurance plans allow a discount in subsequent year’s premiums if there is no claim in any current year. This discount increases every year and saves your premium outgo. If you let your car insurance policy lapse, you lose the accumulated NCB and end up paying a higher premium when the policy is consequently renewed. A car insurance policy is legally mandatory and not having one results in serious consequences (as mentioned above). While a third party liability cover is mandatory, a comprehensive policy is better. The former pays only for the damages caused to any third party but the latter also covers damages incurred by you and your car. The premium for a comprehensive policy is slightly higher because of higher coverage. For instance, the premium payable for a Maruti Ritz car registered in 2012 having a capacity of 1197cc would have a third party premium of Rs.2237 and a comprehensive premium of Rs.4200 (approximately). With a slight increase in the premium you can avail a higher coverage option which covers for your damages too. Since car repairs are expensive, a comprehensive policy makes more sense even if the premiums are a little high. So do not fall a victim to these consequences and buy an insurance policy for your car today.

0 Response to "Inilah Deretan Sejarah Pesawat TNI AU Yang Perkuat Indonesia, Yang Tidak Diketaui Banyak Orang"

Posting Komentar